Daftar Sepuluh Jembatan Terpanjang yang ada di Dunia

Inilah 10 Jembatan Terpanjang di Dunia

1. Jembatan Jiaozhou Bay China

Jembatan terpanjang China kalahkan Lake Pontchartrain Causeway.  China telah membuka jembatan terpanjang di dunia yang melintasi laut. Jembatan itu, diberi nama Jiaozhou Bay, memiliki panjang 42 kilometer. Ia menghubungkan kota pelabuhan Qingdao yang ada di kawasan timur negeri itu dengan pulau Huangdao. Menurut China Central Television, stasiun televisi pemerintah China, jembatan dengan lebar 35 meter itu merupakan jembatan terpanjang. Saat dibangun, proyek memakan biaya hingga di atas US$1,5 miliar atau sekitar Rp12,8 triliun. Jembatan itu berhasil lolos penilaian konstruksi pada Senin, 27 Juni lalu. Jembatan dan juga terowongan bawah tanah segera dibuka untuk lalu-lintas kendaraan, sehari setelahnya. Untuk dapat berdiri, Jiaozhou Bay ditopang oleh lebih dari 5.000 pilar. Adapun pengerjaan jembatan tersebut baru dapat dituntaskan setelah 4 tahun pembangunan. Menurut catatan Guinness World Records, pemegang rekor sebelumnya untuk kategori jembatan di atas perairan adalah Lake Pontchartrain Causeway di Louisiana, Amerika Serikat. Dibandingkan dengan jembatan tersebut, jembatan yang baru diresmikan di China ini 4 kilometer lebih panjang

2. Lake pontchartrain, Panjang 38.420 M terdapat di Lousiana New Orleans, Amerika.
Lake Pontchartrain Causeway, di Amerika, adalah sebuah jembatan panjang dan terdiri dari dua jalur, yang dibangun diatas danau Pontchartrain, Lousiana, Amerika Serikat, mempunyai panjang 38,4 Km, menghubungkan dua buah kota besar di Amerika. Bagian Selatan Jembatan ini terhubung dengan kota Metairie, sedangkan bagian utaranya terhubung dengan kota Mandeville. Jembatan ini mulai dibangun sejak tahun 1948 dimana teknologi pembuatan bangunan beton belum sebaik saat ini. Berawal dari ide Bernard de Marigny, yang dikenal sebagai bapak pendiri kota Mandeville. Ia menginginkan adanya sebuah jembatan yang dapat mempermudah transportasi dari Mandeville ke New Orleans. Sebelum adanya jembatan penghubung transportasi masal, baik orang maupun pengiriman barang, dilakukan dengan menggunakan kapal ferry.

Dengan biaya sebesar 30,7 juta dollar, jembatan Lake Pontchartrain Causeway, selesai dan diresmikan pada tahun 1956, dan diberlakukan sebagai jalan tol. Penambahan panjang maupun pelebaran dilakukan beberapa kali hingga saat ini. Meskipun ada jembatan lain yang lebih panjang dibandingkan dengan Lake Pontchartrain Causeway, namun bagian yang benar-benar berfungsi sebagai ‘jembatan’ dalam arti menghubungkan dua daratan yang terpisah air, Lake Pontchartrain Causeway inilah yang terpanjang.

3. Bridge donghai, Panjang 32.500 M, Jembatan terpanjang di Asia dan juga jembatan terpanjang yang melintasi lautan, terletak di Shanghai China.
Jembatan Donghai ((Tionghoa)) adalah jembatan laut terpanjang di dunia sampai Jembatan Teluk Hangzhou dibuka pada 1 Mei 2008. Jembatan ini selesai dibangun pada 10 Desember 2005. Mempunyai panjang 32,5 kilometer dan menghubungkan Shanghai di daratan dan pelabuhan laut Yangshan di Republik Rakyat Cina. Sebagian besar jembatan berupa viaduct. Juga terdapat bagian jembatan kabel yang bisa dilalui kapal besar dibawahnya dengan lebar 420 meter.


4. King Fahd Causeway, Panjang  M, melintasi bendungan yang menghubungkan antara Saudi Arabia dan Bahrain.

Pada 26 November 1986, jalan lintas diresmikan oleh Raja Fahd bin Abdul Aziz dan Shaikh Salman bin Isa sebagai Raja Fahd Causeway. Diperkirakan  jumlah kendaraan yang menggunakan jalan lintas sekitar 45.000 pada hari kerja dan sampai 60.000 pada akhir pekan. Jumlah wisatawan di jalan lintas dari kedua negara pada tahun 2008 adalah 17,7 juta penumpang, atau rata-rata 48.600 penumpang per hari. Proyek biaya total US $ 1,2 miliar ( SAR 3 miliar). Salah satu kontraktor utama proyek ini adalah Ballast Nedam , yang berbasis di Belanda . Jalan empat jalur adalah 25 km (16 mil) panjang dan sekitar 23 m (75 kaki) lebar, dan dibangun dengan menggunakan 350.000 m 2 (3.800.000 sq ft) dari beton bersama dengan 47.000 metrik ton dari diperkuat baja. Jalan lintas ini dibangun dalam tiga segmen mulai dari Arab Saudi dari Al-Aziziyyah, selatan Khobar , ke Stasiun Perbatasan, bagian ke dua dari Stasiun Perbatasan untuk Nasan Pulau di Bahrain dan bagian terakhir dari pulau ke pulau Nasan Al-Jasra, sebelah barat Manama , di pulau utama Bahrain


5. Chesapeake Bay Bridge, Panjang 24.140 M, melintasi teluk Chesepake di Maryland Amerika.
Chesapeake Bay Bridge  adalah utama dual-rentang jembatan di AS negara dari Maryland .  Chesapeake Bay menghubungkan pedesaan negara Eastern Shore wilayah dengan lebih urban Western Shore .  Jembatan yang dibuka  pada 1952 itu mempunyai panjang 4,3 mil (6,9 km), itu adalah terpanjang terus menerus di dunia diatas air struktur baja.  Jembatan paralel ditambahkan pada tahun 1973 oleh  William Preston Lane, Jr  yang sedang menjabat sebagai gubernur Maryland.

Jembatan ini merupakan bagian dari US Rute 50 dan 301 , dan berfungsi sebagai link penting di kedua rute. Sebagai bagian dari US Route 50, itu menghubungkan Daerah Baltimore-Washington Metropolitan dengan Ocean City, Maryland dan destinasi wisata pesisir. . Sebagai bagian dari US Route 301, ia berfungsi sebagai bagian dari rute alternatif untuk Interstate 95 wisatawan antara utara Delaware dan Washington, wilayah DC.  Karena hubungan ini, jembatan ini telah menjadi dikenal sebagai titik kemacetan lalu lintas , khususnya selama jam puncak dan bulan-bulan musim panas


6. Vasco da Gama bridge, Panjang 17.200 M, jembatan terpanjang di daratan Eropa yang melintasi sungai-sungai di kota Lisbon Purtugal
Vasco da Gama Bridge ( Ponte Vasco da Gama) adalah jembatan kabel yang membentang Sungai Tagus dekat Lisbon , ibukota Portugal . Jembatan ini adalah jembatan terpanjang di Eropa dengan total panjang 17,2 km (10,7 mil), termasuk 0,829 km (0,5 mil) untuk jembatan utama, 11,5 km (7,1 mil) di viaducts, dan 4,8 km (3,0 mil) di jalan akses khusus.  Tujuan pembuatan jembatan ini adalah untuk mengurangi kemacetan di jembatan lain Lisbon ( 25 de Abril Bridge), dan bergabung dengan jalan raya yang sebelumnya tidak berhubungan dengan Lisbon. Jembatan ini dibuka untuk lalu lintas pada 29 Maret 1998, 18 bulan setelah konstruksi pertama dimulai. Pameran Dunia yang merayakan ulang tahun ke 500 dari penemuan oleh Vasco da Gama dari rute laut dari Eropa ke India .



7. Penang Bridge, Panjang 13.500 M, menghubungkan antara Pulau Penang dan daratan Malaysia.

Jembatan Penang (Jambatan Pulau Pinang ) adalah sebuah jembatan tol dua jalur yang menghubungkan Bayan Lepas di pulau Penang dan Seberang Prai di daratan Malaysia. Jembatan ini juga berhubungan dengan Jalan Lintas Utara-Selatan di Prai dan Jalan Tol Jelutong di Bayan Lepas. Dia resmi dibuka pada 14 September 1985. Panjang keseluruhan jembatan ini sekitar 13,5 km, membuat jembatan ini salah satu jembatan terpanjang di Asia Tenggara dan merupakan sebuah landmarknasional. Sebelum 1985, transportasi antara pulau Penang dan daratan hanya dilayani oleh feri antara Butterworth dan George Town.
Pengguna jalan hanya perlu membayar tarif ketika menuju Penang, dan tidak perlu membayar ketika meninggalkan pulau. Tarif sekali jalan adalah 5,6 Ringgit. Pada 2005 ada rencana untuk memperluas lajur dari 4 menjadi 6 untuk melayani lalu lintas yang meningkat.



8. Rio Bridge – Niteroi, Panjang 13.290 M, Menghubungkan kota Rio de Janeiro di Brazil dan Niteroi.
Rio-Niteroi Bridge  terletak di Teluk Guanabara , di Negara Bagian Rio de Janeiro di Brasil. Jembaatan ini menghubungkan kota-kota Rio de Janeiro dan kotaNiteroi .  Saat ini terpanjang beton pratekan jembatan di belahan bumi selatan , dan terpanjang ke tuhug di dunia. Saat pembangunannya selesai pada tahun 1974 sampai tahun 1985 itu adalah jembatan terpanjang kedua di dunia,


9. Union Bridge, Panjang 12.900 M, menghubungkan antara pulau Prince Edward dengan dataran New Brunswick di Kanada.



10. San Mateo – Bridge Hayoard, Panjang 11.265 M, melintasi teluk California, San Franscisco Amerika.


sumber :   http://mediaanakindonesia.wordpress.com/2011/11/28/inilah-10-jembatan-terpanjang-di-dunia/

Tulisan Terkait:

0 Response to "Daftar Sepuluh Jembatan Terpanjang yang ada di Dunia"

SILAKAN TULISKAN KOMENTARMU