Kritik, Saran, dan Komentar              

Kamis, 01 Desember 2011

Soal Cerita Trik Matematika


 SOAL-SOAL  CERITA  RINGAN MATEMATIKA

Pecahkanlah soal-soal cerita berikut dengan menggunakan kecerdikan dan logika anda dan jangan terlalu berpikir dengan serius, berpikirlah dengan rileks, mungkin jawabannya sangat sederhana.

1.   CARA CERDIK MELEWATI KOLONG JEMBATAN
      Sebuah truk membawa container melewati bawah jembatan layang yang tingginya 3 m, sedangkan container itu 2 cm lebih tinggi dari tinggi kolong jembatan tersebut, sehingga truk container tersebut tidak bisa lewat. Container tersebut berukuran besar dan sangat berat, sehingga tidak bisa diturunkan, sedangkan keadaan jalan searah, sehingga truk tersebut tidak dapat berputar balik. Tolong anda pikirkan bagaimana cara truk tersebut dapat melewati kolong jembatan tersebut dengan selamat !

2.       Sony dibesarkan di Mesir. Pada suatu hari ia pergi mengunjungi temannya yang berada di suatu kota kecil di Arab. Dalam perjalanan ia bertemu dengan seorang Sheik dari Arab yang membawa serta ke-tujuh istrinya, setiap istrinya masing-masing membawa 7 buah tas karung, dimana setiap tas karung berisi 7 ekor induk kucing dan setiap induk kucing melahirkan 7 ekor anak kucing. Dapatkah anda membantu Sony menghitung berapa jumlah orang dan hewan yang dia temui diperjalanan tersebut ?

3.       Pada suatu hari seorang pemburu pergi berburu, sampai senja hari baru di sampai di rumah, istrunya bertanya:”Berapa ekor binatang yang kamu buru hari ini ?” Si pemburu menjawab: “ Aku berhasil memburu 9 ekor binatang yang tidak memiliki ekor, 8 ekor hanya setengahnya saja, 6 ekor yang tidak memiliki kepala”. Istri pemburu terheran-heran mendengar jawaban si pemburu, ia tidak mengerti apa maksud perkataan suaminya. Dapatkah anda membantu sebenarnya berapa ekor binatang yang berhasil diburu oleh si pemburu ?

4.       Jika 3 ekor kucing mampu menangkap 3 ekor tikus dalam tiga hari, maka berapa ekor kucing yang diperlukan untuk menangkap 100 ekor tikus dalam 100 hari ?

5.       Pada suatu hari, Anton membawa sejumlah uang berbelanja di Plaza Jembatan Merah. Di toko sepatu ia menggunakan sebagian uang tersebut untuk belanja, di toko baju ia menggunakan sebagian dari uang yang tersisa untuk belanja dan di toko buku gunung agung ia menggunakan sebagian dari uang yang tersisa untuk beli buku. Pada saat keluar dari toko ternyata di dompetnya masih tersisa uang Rp. 40.000,-. Sebenarnya berapa jumlah uang yang dibawa Anton mula-mula?

6.       Weni dan Bety sedang bermain di pantai, Weni berkata :”Kamu mengejar saya, kita lihat dapatkah kamu menyusul saya ?” Sekarang Weni berjalan 28 langkah di depan Bety, setiap 2 langkah ia memerlukan waktu 1 detik, sedangkan 2 langkah Bety sama dengan 3 langkah Weni. Jadi berapa banyak waktu yang diperlukan Bety untuk dapat menyusul Weni ?

7.       Di dalam sebuah panci terdapat 5 buah apel, dibagikan pada 5 orang anak, setiap orang mendapatkan sebuah apel. Tetapi satu apel harus tetap berada dalam panci, dan untuk membaginya apel tersebut tidak boleh dipotong.
      Bagaimana cara membagikan apel tersebut ?

 8.    Dibawah ini terdapat 6 deretan angka 4 sebanyak 4 angka. Dapatkah anda memberikan tanda “ +  -  x  :  “ pada setiap tempat kosong diantara angka-angka tersebut, anda diperbolehkan menggunakan tanda kurung, sehingga hasilnya menjadi benar.

4      4      4     4    =  5
4      4      4     4    =  20
4      4      4     4    =  24
4      4      4     4    =  28
4      4      4     4    =  48
4      4      4     4    =  68

9.       Sumanto memelihara ayam dan bebek di rumahnya. Pada suatu hari, Ridwan dating dan bertanya pada Sumanto “ Berapa ekor ayam dan bebek yang kamu pelihara “ ? Sumanto menjawab : “ Jumlah ayam dikalikan dengan jumlah bebek, hasil kalinya lalu kamu pantulkan ke cermin, apa yang kamu lihat dalam cermin itulah yang merupakan jumlah ayam dan bebek yang saya pelihara.” Ridwan sangat bingung, dapatkah anda membantu ?


10.   Sebuah kereta bergerak dari kota A dengan membawa 5 orang penumpang, ketiga sampai di kota B, tiga penumpang turun dan dua naik, sesampai di kota C, satu orang naik, Di kota D tiga penumpang turun dan empat penumpang naik, tanpa disangka kereta tersebut diserang oleh pembajak akibatnya 2 orang terbunuh, setelah sampai dikota E si Masinis meninggalkan jenazah dan 2 orang penumpang yang terluka di kota tersebut. Kereta melanjutkan perjalanan ke kota F, ketika sampai di kota F berapa orang penumpang lagi yang tertinggal di kereta ?

 
Selamat Mencoba……
( Sumber : Koleksi Permainan Matematika dari buku Matematika Aplikasi – Penyusun Drs. Matrisoni )
                                                                                       Math Trick 2008 – mathesony@gmail.com

Tuliskan sepatah dua patah kata pada kotak komentar facebook ini atau melalui kotak komentar di bawah, dan isilah buku tamunya dengan mengklik buku tamu pada sisi kanan atas blog. Bagi yang ingin menghubungi kami via email dapat menghubungi kami disini

0 komentar:

Posting Komentar

SILAKAN TULISKAN KOMENTAR ANDA DISINI !!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Terima Kasih Atas Kunjungannya | Bloggerized by - Premium Blogger Themes | ,
Sekolah Dasar Negeri Kauman -Alamat : Jl. dr. Cipto Mangunkusumo Jepara - Phone (0291)597901 - Kode Pos : 59417 - E-mail : sdn_kauman@yahoo.com