Kritik, Saran, dan Komentar              

Sabtu, 05 Mei 2012

Kelulusan UN SD Ditentukan oleh Sekolah

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN - Kelulusan siswa Sekolah Dasar yang mengikuti Ujian Nasional Berstandar Nasional tahun ajaran 2010/2011 sepenuhnya ditentukan oleh pihak sekolah melalui rapat dewan guru di sekolah masing-masing. "Berbeda dengan UN tingkat SMA sederajat dan SMP sederajat yang kelulusannya menerapkan 40:60, yakni 40 persen ditentukan berdasarkan ujian sekolah dan 60 persen dari hasil UN," kata Ketua Ujian Nasional Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Ilyas Sitorus, di Medan, Senin (9/5).

Namun untuk siswa SD, kata dia, wewenang kelulusan sepenuhnya diberikan kepada pihak sekolah. Namun tentunya tetap berpegang kepada ketentuan yang telah ditetapkan oleh pusat dalam hal penilaian kelulusan untuk siswa SD. "Salah satu syarat yang harus dipenuhi misalnya siswa harus benar-benar menyelesaikan pelajarannya dari kelas 1-6 atau 12 semester dan memang lulus dalam ujian nasional sesuai nilai yang telah ditetapkan," katanya.

Tahun Ujian Nasional tingkat Sekolah Dasar sederajat di Sumatera Utara akan diikuti sebanyak 279.710 siswa yang digelar selama dua hari yakni 10-12 Mei 2011. Dari 279.710 tersebut, sebanyak 266.853 orang dari SD, 13.034 MI dan 104 dari SD Luar Biasa. Jika dilihat dari jumlah peserta, maka Medan merupakan peserta paling banyak yakni sebanyak 42.120 siswa dan Deli Serdang 20.100 siswa.

Sementara tempat ujian yang dipakai untuk UN SD tersebut sebanyak 18.449 ruangan dari 8.913 sekolah yang menyelenggarakan UN tingkat SD sederajat tersebut. Berbeda dengan ujian SMA dan SMP yang menggunakan lima tipe soal ujian, dalam UN tingkat SD ini hanya menggunakan dua tipe yakni tipe pertama untuk ujian utama dan tipe kedua untuk ujian susulan.

"Bagi yang ikut ujian susulan harus dapat membuktikan ketidakhadirannya dalam ujian utama tersebut dengan alasan yang dapat diterima. Misalnya kalau sakit harus ada surat keterangan sakit dari dokter," katanya.

Dia mengatakan, mata pelajaran yang diujikan pada UN tingkat SD, untuk hari pertama adalah Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika serta hari terakhir pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Muatan soal untuk SD, sebanyak 75 persen diracik dari provinsi dan 25 persen dari pusat. Jadwal ujian UN SD akan dilaksanakan pada 10-12 Mei 2011, untuk ujian susulan 18-20 Mei 2011, pemindaian 11-31 Mei 2011, dan kelulusan 20 Juni.

"Untuk pemindaian lembar jawaban ujian SD dilakukan di setiap kabupaten/kota masing-masing. Kami juga telah melaksanakan kegiatan pelatihan scanning lembar jawaban ujian nasional (LJUN) tingkat SD sederajat bagi petugas di kabupaten/kota agar. Ini dilakukan agar petugas lebih memahami cara kerja dalam pemindaian tersebut," katanya.


Redaktur: Djibril Muhammad
Sumber: Antara
Repro: http://www.republika.co.id (Senin, 09 Mei 2011 16:14 WIB)

Tuliskan sepatah dua patah kata pada kotak komentar facebook ini atau melalui kotak komentar di bawah, dan isilah buku tamunya dengan mengklik buku tamu pada sisi kanan atas blog. Bagi yang ingin menghubungi kami via email dapat menghubungi kami disini

0 komentar:

Posting Komentar

SILAKAN TULISKAN KOMENTAR ANDA DISINI !!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Terima Kasih Atas Kunjungannya | Bloggerized by - Premium Blogger Themes | ,
Sekolah Dasar Negeri Kauman -Alamat : Jl. dr. Cipto Mangunkusumo Jepara - Phone (0291)597901 - Kode Pos : 59417 - E-mail : sdn_kauman@yahoo.com